Khasiat sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) cukup terkenal di seantero dunia. Sarang burung anggota famili apodiae ini sejak puluhan bahkan mungkin ratusan tahun lalu diyakini punya khasiat dalam memberikan kesegaran dan bahkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.
Mitos baik untuk kesehatan muncul dari pengalaman pengguna yang semula disampaikan dari mulut ke mulut itu kemudian disebarluaskan pula oleh media massa, dan  internet salah satunya.

Dari beberapa jenis burung walet yang ada, hanya terdapat 4 jenis walet yang sarangnya bisa dikonsumsi dan laku dijual yaitu: Aerodramus fushipagus (walet sarang putih/Yen-ou), Aerodramus maxima (walet sarang hitam/Mo-yen), Collocalia esculanta (seriti), dan Collocalia vanikorensis (seriti lumut).

Kualitas sarang walet mempunyai gradasi kualitas, dari super sampai dengan C. Untuk memudahkan pembagian, hanya terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas bersih dan kelas kotor. karena belum ada suatu standar baku yang jelas. Dan gradasi kelas yang banyak, sering menimbul misspersepsi antara penjual dan pembeli, sehingga menimbulkan masalah di saattransaksi terjadi.

Untuk harga sarang walet, bervariatif 3 s/d 7 juta per kg untuk sarang walet gua, dan 13 s/d 18 juta per kg untuk sarang walet rumah. Tapi yang mendasar dari harga sarang walet ditentukan oleh harga pasar saat itu.